Friday, July 1, 2011

Senapan Angin Sharp Ace

Review Sharp Ace
Made in Indonesia

 
Kali ini saya akan mencoba melakukan review senapan angin saya caliber 0.177 / 4.5mm dengan nama merk Sharp Ace. Walaupun asal merk tersebut berasal dari Jepang, senapan saya kali ini buatan lokal dari Kediri, Jawa Timur. Saya menebusnya dengan harga cukup murah untuk senapan yang sejenis pada saat itu.

Senapan ini sudah saya miliki dari tahun 2011 dan saya pakai hanya untuk menembak target (tidak untuk berburu). Berikut adalah spesifikasi teknisnya:

Spesifikasi
Merk                            : Sharp Ace
Kaliber                         : 0.177 / 4.5 mm
Ukuran Tabung             : 25mm
Material Tabung            : Besi

Panjang Laras               : 60cm
Ulir Laras                     : 9
Material Laras              : Kuningan
Safety Trigger   : Ada

Karet Penahan Bahu     : Ada
Type                            : Multi pump, pompa bawah
Buatan                          : Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Ganti laras mudah, tinggal buka bagian depan ini, lepaskan laras, dan masukan yang baru. (plug and play).


Kekuatannya cukup dahsyat
Untuk power bisa dikatakan OK, suara dan daya hancurnya sangat besar. Pompa ke tiga atau ke empat sudah berat. Pompa maksimum yang pernah saya lakukan hanya 9 kali. Lebih dari itu, saya takut akan merusak seal dari pompanya.
Berikut adalah test untuk mengukur powernya, sebab saya tidak memiliki chronometer.
·4 kali pompa bisa menembus kaleng susu kental manis 2 sisi tembus
·6 kali pompa bisa tembus kaleng susu beruang-bear brand (lebih tebal) 2 sisi tembus
 
 ·8 kali pompa bisa tembus buku setebal 1.1 cm
 

Untuk akurasi bisa dikatakan cukup baik, saya sudah mencobanya melakukan test pada kertas target dengan jarak 10meter, pompa 4 kali, grouping masih bagus (nitik).

Pellet
Pellet yang biasa dipakai adalah pellet kiloan lokal, type kepala dome (bulat) hollow point (lubang di depan) dengan roll di bagian leher dan rok cukup terbuka. (untuk tahanan angin). Berat sekitar 12 grain sekitar 0.77 gram.
 
 


Penggunaan
Cara menggunakan senapan ini adalah dengan memompanya berulang-ulang. Dengan membuka lengan pompa dan menutupnya kembali sampai dirasa jumlah pompa yang cukup untuk digunakan.

1.   Buka lengan  pompa pada senapan seperti gambar berikut, tarik sampai terbuka seluruhnya dan terdengar suara angin masuk (ssshhhppp….)

2.      Tutup lengan pompa pada senapan  sampai tertutup semua (ini dilakukan supaya semua angin masuk ke dalam tabung angin)

3.   Dan lakukan lagi berulang-ulang sampai secukupnya untuk digunakan. Untuk jarak target sekitar 10-20 meter cukup 4 kali pompa saja, selebihnya bisa ditambahkan.

Tips dari saya: ketika pompa usahakan senapan tidak sampai terasa panas, sebab akan merusak karet seal (pompanya santai saja), terbukti di saya karena sudah ganti seal 3 kali karena pompanya terlalu cepat sehingga senapan jadi panas.

4.      Setelah pompa, pastikan safety trigger di lock.

5.     Lalu masukan pellet ke senapan, dengan cara tekan buka penutup pellet sampai terbuka, masukan dengan kepala lebih dahulu, lalu dorong/tutup.




6.   Unlock kembali safety triggernya, senapan siap digunakan.




 7.    Ingat senapan angin adalah bukan mainan, utamakan keselamatan dan jangan menggunakan senapan ini secara sembarangan.
























Perawatan

Untuk perawatan jenis senapan angin multi pump, cukup beri pelumas  bagian-bagian ini. Bisa dilakukan jika dirasa ketika pompa sudah terasa berat/seret. Pelumas yang digunakan adalah harus bahan utamanya bukan dari minyak bumi. Sebab bahan dari minyak bumi dapat merusak seal karetnya. 




Setelah diberi pelumas, jika pada badan senapan ada sisa-sisa pelumas yang tercecer. Dapat di oles secara merata pada bagian yang mengandung besi, supaya tidak mudah berkarat.

Membersihkan laras dapat dilakukan jika sudah menembak cukup sering atau dirasa akurasi sudah tidak bagus. Laras bisa kotor dikarenakan sisa residu dari pelumas atau dari pellet itu sendiri.
Cara membersihkannya dapat menggunakan sapu lidi, cukup ambil 1 buah saja yang cukup panjang dan kuat. Lalu dililit dengan kain kecil (dipotong) yang sudah diberikan sedikit pelumas.


 Masukan lidi yang terlilit kain itu ke dalam laras, tidak usah khawatir jika kain tersebut tersumbat, sebab dapat keluar pada tempat masuk pellet, atau jika perlu lakukan pompa 2 kali dan tembak ke tempat aman untuk mengeluarkan kain yang tersumbat tadi.



Setelah dilakukan pembersihan laras (bisa dilakukan berkali-kali sampai kain tidak berwarna gelap / hitam), lalu bersihkan dengan kain kering (tidak diberi pelumas).

Lakukan hal yang sama dengan di atas

Accessories
Senapan saya ini saya lengkapi dengan teleskop merk Norconia (lokal) 4x20. 
Dengan fitur :
Zoom 4 kali
 Diameter lensa 20mm 
 
Ada fitur fokus
 

Untuk ukuran diameter lensa agak kecil memang, tapi dengan ukuran segitu saya masih cukup mumpuni melihat target sejauh 20 meter dengan jelas. Sudah saya test menembak batu seukuran bola pingpong sejauh 20 meter dan kena.


Beberapa foto:
 


 





 


Demikian review dari saya. Semoga berguna, terima kasih.


2 comments:

  1. Bs ga dijelasin lg cara ganti laras sharp ace spy lebih dmengerti....!

    ReplyDelete
  2. GAN,sama persis ma senapan ane, tpi pnya, yang saya tanyakan cara ganti larasnya diputer apa gimana( setelah buka corong depan kliatan larasnya)

    ReplyDelete